Duerr!! dueerrr !! Polisi dan mafia saling baku tembak di tengah kota. Peluru-peluru panas muntah ke jalan-jalan, melukai bahkan membunuh siapa saja yang berada dijalurnya tanpa pandang bulu. Ini bukan berita kriminal ataupun film, tapi sekedar ilustrasi kecil apa yang akan kita buat kali ini. Kita akan coba bikin efek asap yang keluar dari sebuah senjata. Seolah-olah senjata itu baru saja ditembakkan dan masih menyisakan asap yang keluar dari moncong pistolnya. Hasil akhir yang akan kita dapatkan adalah seperti ini :

Sekarang mari kita mulai !

Pertama kamu perlu memilih brush tool dan klik sekali di titik tempat asap itu keluar. Pilih warna putih dan gunakan Airbrush Soft Round dengan lebar 65px.

Berikutnya klik menu Edit > Transform > Screw. Kemudia drag ujungnya hingga kamu mendapatkan gerakan kemana asap akan berjalan. Sekarang pilih Edit > Transform > Perspective dan drag ujung pojok kiri bawah ke tengah hingga kamu akan mendapatkan hasil seperti ini :

Duplikatlah gambar ini lalu sembunyikan. Ini hanya sebagai cadangan kalo semwaktu-waktu kita akan mendapatkan kesulitan.

Berikutnya pilih Smudge Tool dan gunakan Soft Round lagi dengan lebar 11px, Strength 45%. Klik lingkaran putih tadi dan drag sesuka hati kemana asap itu akan pergi.

Jika kamu sering melihat asap, maka dia akan menghilang jika semakin tinggi, maka kita harus menggunakan Eraser sebesar 30px. Mulailah menghapus bagian atas asap ke arah bawah. Hasilnya kira-kira seperti ini :

Sejauh ini sudah lumayan bagus kan. Kita akan memberikan sentuhan akhir dari asap ini.

Duplikatlah layer ini lalu pilih menu Filter > Blur > Gaussian Blur > Radius = 4px. Drag layer menggunakan Move Tool ke bawah layer sebelumnya. Turunkan opacitynya hingga 22%

Pilih Brush Tool dengan lebar 1px. Pilih Menu Window > Brushes . Scattering > Scatter > 1000%. Lalu klik dan drag mengikuti gerakan asap yang diinginkan.

Gunakan Smudge Tool lagi dengan setting seperti diatas. Gerak-gerakkan di sekitar garis hingga sesuai keinginan.

Pilih Eraser Tool dengan lebar 65px. Klik sekali diatas garis. Pekerjaan selesai, kamu bisa menambahkan beberapa asap lagi sesuka hati.

Iklan