Segarnya kopi di pagi hari sambil baca koran dan makan pisang goreng hangat. Wah, rasanya pengen nih mengabadikan moment penuh nikmat ini. Tapi karena terlalu asyik baca koran and minum kopi eh keburu abis deh kopinya, yang tinggal hanya ampasnya aja. Jadi gimana dong?

Tenang, kita akan coba untuk membuat asap keluar dari cangkir kopi. Sebelum dimulai, silahkan potret dulu cangkir yang udah kosong seperti gambar di bawah ini :

Buka foto tersebut dan buatlah layer baru. Sekarang kamu bisa mulai membuat garis berbentuk S. Disini aku menggunakan Brush Tool dengan diameter 50px dan hardness 0%. Kamu akan mendapatkan hasil sebagai berikut :

Tambahkan juga beberapa titik di sekitar garis tersebut dengan menggunakan brush tool dengan diameter 100px dan opacity 60%. Hasilnya akan nampak sebagai berikut :

Sekarang kita akan membuatnya semirip mungkin dengan asap asli. Gunakan Smudge Tool. Aku menggunakan diameter 60px dan hardness 50%

Gerakkan kursor disekitar garis dan titik-titik yang kita buat tadi. Kamu akan mendapatkan hasil yang kira-kira seperti ini :

Asapnya sudah jadi sekarang. Oops, tapi kok tebal banget yah? Nah, biar lebih realistis langsung aja kita samarkan. Turunkan opacity layer hingga 30%.

Catatan : Apa yang terlihat diatas belum tentu sama, dan angka-angka yang digunakan belum tentu sesuai dengan selera. Silahkan mencoba dan mengutak-atik sendiri hingga menemukan yang terbaik.

Iklan