Rumah bagi WordPress (dan juga bagi semua website) namanya adalah Hosting. Nah, buat kamu yang masih baru dalam blog artikel berikut ini insya Allah akan sangat berguna.

Pertama, kita perlu cari hosting dulu (kalo bisa yang gratisan dengan fasilitas lengkap..hehehe :D). Saya merekomendasikan 100webspace.com. Pertama karena hosting ini support dengan WordPress, yang kedua ada fasilitas webmailnya sehingga kalo kamu punya domain sendiri, kamu bisa punya email nama_kamu@domainmu.com. Insya Allah dikesempatan yang lain akan saya jelasin juga cara dapatkan domain gratisan.

Kembali ke laptop™…. Silahkan kamu kunjungi 100webspace.com dan klik pilihan hosting gratisnya.

Pilih Gratisan

Pada halaman berikutnya kamu diminta memilih apa memesan domain, menggunakan domain sendiri, atau menggunakan subdomain yang udah ada. Karena kita sudah punya domain yang udah kita dapatkan dari depkominfo, maka pilihlah pilihan Host My Existing Domain, dan sebuah form pengisian nama domain akan muncul. Tapi jika kamu belum punya domain, maka kamu bisa memakai sub domain dari 100webspace.com

Pilih Pake Domain sendiri

Setelah mengisi, scroll ke bawah dan klik Next Step

Berikutnya adalah mengisi formulir pendaftaran, jangan lupa untuk mengisi kode verifikasi yang ada, selanjutnya tinggal menekan tombol Next > Submit Payment.

Kode Verifikasi

Setelah di submit, kamu akan diberi penawaran apa tetap memakai hosting gratis dengan iklan di atas atau membayar biaya tertentu dan mendapatkan hosting tanpa iklan , kalo kamu pengen tetap memakai hosting gratisan, langsung aja klik tulisan No, thanks, continue with my ad-supported account. Maka muncullah halaman konfirmasi seperti ini :

Konfirmasi

Sebuah email  akan dikirim oleh 100webspace.com. Selanjutnya kamu harus membuka email tersebut, bagi pemilik account Yahoo, biasanya email tersebut akan muncul di halaman bulk page. Cobalah periksa disana. Setelah ketemu, bukalah dan kamu akan menemukan username dan password yang diberikan oleh 100webspace.

Kamu sekarang tinggal login dengan memakai username dan password yang diberikan lewat email tersebut. Klik tulisan Member Login atau link yang diberikan lewat email. Setelah memasukkan username dan password, kamu akan langsung masuk ke Control Panel Admin. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengganti password yang super sulit itu dengan password yang gampang kamu ingat. Klik menu Change Login Credentials yang terletak di bagian bawah Control Panel dan masukkan password lama serta password yang baru.


Menyiapkan Database

WordPress adalah CMS (Content Management System) karena itu membutuhkan MySQL database. Untuk membuat database, klik menu MySQL database yang ada di Control Panel. Selanjutnya buatlah sebuah database.

Pada 100webspace, nama database diawali dengan username jadi buat ada database dengan nama username_wp. Kemudian masukkan password yang mudah dihafal. Disarankan password database berbeda dengan password control panel demi keamanan. Setelah selesai, kita sudah bisa mulai mensetting WordPress kita. Karena semua keperluan untuk itu telah siap.

Mensetting WordPress

Sebelum dikirim ke server, kita perlu mensetting WordPress kita terlebih dahulu. Caranya sebagai berikut :

  1. Rename file wp-config-sample.php menjadi wp-config.php
  2. Buka file wp-config.php
  3. Lalu mulailah mengedit isinya sebagai berikut:
    define('DB_NAME', 'nama_database');
    define('DB_USER', 'username_database');
    define('DB_PASSWORD', 'password_database');
    define('DB_HOST', 'host_database');
  4. Setelah selesai mengganti isinya, simpanlah filenya.

Sampai disini pekerjaan pra instalasi sudah selesai, sekarang tinggal mengirim semua file ke server.

Menyiapkan FTP

File-file pembangun WordPress sangatlah banyak, karena itu kita membutuhkan transfer file menggunakan software FTP. Anda bisa menggunakan FileZilla karena gratis dan mudah digunakan serta cukup cepat. Detail transfer melalui FTP dan bagaimana menggunakan FileZilla akan dijelasin pada artikel berikutnya.

Iklan