Buat kamu yang baru berkenalan dengan dunia maya, apalagi dengan atomosfer per-website-an, blog mungkin adalah hal yang asing buat kamu. Makanan apa sih blog itu?

Blog adalah nama panggilan buat Weblog yang merupakan gabungan dua kata Web dan Log.

Weblogs pertama muncul di akhir tahun 1990-an yang mencoba berbagi links dan komentar dari pengunjung website. Bloggers paling awal membaca artikel pada sebuah website, kemudian membuat tulisan dengan link ke artikel tersebut. Seringkali kemudian disertai komentar terhadap artikel tersebut. Hingga kemudian banyak sekali blog yang muncul dan ada di Internet, bahkan mencapai 20 juta blog!

Kebanyakan blog fokus pada topik tertentu, ini membuat sebuah blog mudah dimanfaatkan bagi pembaca topik tersebut. Ada blog yang bicara soal politik, komputer, komunitas tertentu sampai jurnal online atau perjalanan hidup pemilik blog yang penuh hikmah.

Beberapa blog menjadi cukup populer bahkan dikutip oleh media lho! Yang lainnya ditulis oleh blogger yang berpengaruh sehingga bisa merubah opini publik tentang topik yang kontroversial. Tapi kebanyakan blog diperuntukkan bagi sekelompok kecil pembaca, mereka sering membaca blog kemudian memberi komentar.

Kebanyakan weblogs menawarkan fitur sebagai berikut:

  1. Halaman utama web otomatis, dimana artikel terakhir berada ditempat paling atas
  2. Format halaman otomatis sesuai themes atau template. Merubah template akan merubah seluruh tampilan web.
  3. Mampu menampilkan link dan gambar kayak web lain
  4. Pengarsipan otomatis pada artikel lama sesuai kategori dan tanggal
  5. Memungkinkan pembaca memberikan komentar terhadap artikel dan memulai diskusi online tentang isi tersebut.
  6. RSS Feed, dimana ini akan membuat pembaca mampu mendapatkan artikel dari banyak blog dengan satu software pembaca RSS.
  7. Link ke site atau blog yang berhubungan dengan topik yang dibicarakan.

Nah, WordPress menawarkan semua fitur ini bahkan lebih, sehingga membuatnya menjadi blog yang cukup ampuh dan fleksibel. Nah, buat kamu yang pengen kenal lebih jauh dengan yang namanya blog silahkan berkunjung ke codex.wordpress.org

Iklan