Walaupun tampilan dan fitur yang ada di WordPress Blog sangat beragam tergantung theme dan plugin yang diinstall, tapi ada beberapa fitur dasar yang bisa ditemukan di kebanyakan WordPress blog. Nah, berikut ini beberapa fitur standart yang dapat ditemukan di kebanyakan WP Blog :

Header
Yah, header biasanya ada di atas. Tapi tak menutup kemungkinan header diletakkan di samping. Tapi sangat jarang header ada di bawah…hehehe…

Link ke Halaman Statis
Wordpress mengijinkan kita membuat halaman statis, biasanya untuk menampilkan profil pemilik blog atau informasi tentang blog itu sendiri. Link menuju halaman statis ini biasanya dimunculkan di header, sidebar atau ditempat lain yang dikehendaki pemilik blog.

Artikel
Inilah bagian paling utama dalam sebuah blog. Biasanya artikel meliputi judul, tanggal publikasi dan penulis (jika blog ditulis oleh banyak penulis). Artikel bisa sepanjang yang kamu mau. Biasanya untuk artikel yang panjang, artikel dipotong hingga tinggal beberapa baris saja dan ada link menuju ke halaman yang memuat artikel seluruhnya. Artikel juga bisa ditambahi gambar atau link ke halaman atau website lain.

Footer
Terletak di bagian bawah tiap halaman. Biasanya berisi Copyright, detail themes (pembuatnya) dan di beberapa blog juga ada link RSS Feed.

Sidebar
Sidebar juga muncul di tiap halaman blog. Biasanya di sidebar ada cukup banyak link navigasi dan fitur-fitur lain diantaranya :

  1. Search Form – Fitur untuk mempermudah pembaca mencari artikel yang diinginkan
  2. Calendar – Menampilkan link tanggal artikel. Klik link pada tanggal, maka akan tampil artikel pada hari itu. Anda juga bisa menggunakannya untuk melihat artikel bulan lalu.
  3. Recent Post – adalah daftar artikel terakhir yang dipublikasikan.
  4. Category – daftar kategori dalam blog. Muncul apabila dalam kategori tersebut ada artikelnya. Namun, jika masih kosong, maka kategori takkan muncul.
  5. Archive adalah daftar bulan dimana terdapat artikel yang dipublikasikan pada bulan itu.
  6. Link adalah daftar blog favorit dan website lain
  7. Feed adalah link atau tombol untuk mengakses RSS artikel dan komentar
  8. Meta berisi link untuk login dan untuk mengecek kode XHTML dan code CSS

Nah, itulah sekilas anatomi standart wordpress. Pada beberapa blog sidebar juga ditambahi shoutbox, aneka banner, statistik pengunjung, dll.

Iklan