Artikel-artikel yang hendak dipublikasikan harus diletakkan dalam sebuah kategori. Secara default, WordPress akan meletakkan artikel-artikel kita ke dalam kategori Uncategorized. Nah, agar pengunjung mudah membolak-balik arsip kita dan membaca-baca tulisan-tulisan yang kita buat, maka  sangat perlu untuk  mengelompokkan artikel dalam beberapa kategori.

Pada WordPress versi 2.1, pembuatan category untuk link dan artikel dijadikan satu.  Namun, sayangnya kalau sebuah kategori telah dipakai sebagai kategori link, dia tak bisa digunakan sebagai kategori artikel. Karena itu, nantinya kita perlu membuatkan kelompok kategori sendiri untuk link agar tak tercampur dengan kategori artikel.

Seperti biasa sebelum mulai mengutak-atik blog, kita perlu login terlebih dahulu ke dashboard. Selanjutnya langsung saja klik menu Manage – Categories.

Menu Manage Category

Klik tulisan Add New sehingga kamu akan dibawa ke bagian bawah halaman tempat form penambahan category berada.Add New Category

Masukkan nama kategorinya. Dan bila kategori ini berada di bawah kategori yang udah ada sebelumnya, maka tentukan category parentnya. Untuk category slug, apabila kamu memakai permalink, ada baiknya kamu tentukan juga nama untuk urlnya nanti. Tapi jika dibiarkan kosong, wordpress akan membuatkannya untukmu.

Bila kamu bekerja dengan beberapa kategori yang hampir sama penafsirannya, ada baiknya  kamu sertakan juga deskripsinya sehingga tak bingung nantinya.

Iklan