Plugin adalah file tambahan untuk meningkatkan kemampuan WordPress dan menambah fasilitas yang ada di WordPress. Ratusan plugin udah tersedia di Internet saat ini dengan berbagai macam keperluan dan terbagi dalam puluhan kategori. Artikel ini akan menunjukkan kemudahan instalasi plugin sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh siapa saja, bahkan seorang pemulapun. Kamu tak harus mengerti bahasa php, kecuali jika kamu pengen memodifikasi plugin sesuai seleramu.

Pertama, mari kita cari tempat berburu plugin yang sip. Kamu bisa mendapatkan banyak plugin WordPress disini:

  1. http://codex.wordpress.org/Plugins
  2. wp-plugins.net
  3. wpplugins.org
  4. dev.wp-plugins.org
  5. redalt.com
  6. JohnTP.com
  7. Blogging Pro Plugins List
  8. softplug.net

Insya Allah kita juga akan mengulas beberapa plugin yang cukup berguna disini. Simak saja terus kategori plugin di blog ini yang akan membahas beberapa plugin yang siap pakai dari beberapa author.

Setelah mendapatkan plugin yang diinginkan, kamu bisa langsung menguploadnya ke folder wp-content/plugins. Biasanya plugin tersimpan dalam bentuk file zip, maka extractlah terlebih dahulu. Apabila terdapat folder dalam plugin tersebut, maka uploadlah bersama foldernya. Lebih jelasnya biasanya ada keterangan dari blog pembuat plugin tersebut atau file readme yang disertakan dalam plugin.

Setelah file terupload semua, berikutnya tinggal mengaktifkannya di menu Plugins yang terdapat di dashboard. Cari dari daftar, plugin yang baru saja kamu upload kemudian klik tulisan Activated untuk mengaktifkannya.

Pekerjaan selesai dan kamu bisa mencoba hasilnya.

Iklan