Kamu perlu sekali untuk mengatur tampilan global dari blog. Tampilan global meliputi deskripsi blog, URL, email, aturan keanggotaan dan pengaturan waktu. Selain aturan global, juga ada aturan tentang penulisan, pembacaan, diskusi, privasi, dan permalink. Caranyapun cukup gampang dan sederhana. Cukup login ke dashboard, kemudian klik menu option. Nah, berikut ini beberapa penjelasan singkat mengenai opsi-opsi yang bisa kamu terapkan di blog kamu sendiri :

  1. General
    sebagaimana udah dijelasin diatas, opsi ini dipergunakan untuk mengatur judul, diskripsi, url, email dan waktu yang berlaku di blog. Kamu juga bisa membuat peraturan keanggotaan disini. Silahkan tentukan sendiri status default bagi para anggota. Tapi kebanyakan blog (khususnya blog pribadi) tidak membuka pendaftaran keanggotaan.
  2. Writing
    Mengatur lebar kotak penulisan artikel, format artikel, default category, serta update service yang insya Allah kapan-kapan akan aku jelasin.
  3. Reading
    Mengatur apa yang akan kita tampilkan di halaman utama. Biasanya sih jarang sekali aturan yang ada disini dirubah, kecuali kamu ingin merubahnyaya silahkan aja.
  4. Discussion
    Mengatur diskusi yang ada di blogmu. Apa kamu ingin membuka diskusi atau tidak, trus apa kamu ingin menahan dulu semua komentar sebelum menyetujuinya, dsb.
  5. Privacy
    Mengatur apakah kamu mengijinkan robot search engine untuk mengindex blogmu atau kamu hanya mengijinkan pengunjung saja yang dapat melihat blogmu.
  6. Permalink
    Fasilitas ini mengatur perubahan permalink artikel-artikel di blogmu. Secara default URL artikel adalah http://nama_domain/?p=12 tapi jika menggunakan permalink, dapat berubah menjadi http://nama_domain/2007/02/07/sample-post/. Namun, untuk pemakai hosting gratisan, biasanya pihak hosting provider ndak mengijinkan penggunaan url rewrite seperti diatas, sehingga kamu harus cukup puas dengan url default.

Nah, sekarang kamu punya kekuasaan penuh membuat aturan di rumahmu sendiri. berikutnya kita akan mulai mengotak-atik category untuk menampung artikel-artikel kita.

Iklan