Dunia blog sudah sangat berkembang saat ini. Bukan hanya bagi mereka yang profesional dan ahli dibidang pembuatan website, tapi buat mereka yang masih awam dengan kode HTML. Saya sering sekali dimintai tolong untuk membuatkan blog yang sebenarnya sangat mudah ini. Maka dari itu, saya akhirnya membuat sebuah blog khusus yang mengajari berbagai hal tentang blogging. Semoga mampu membantu mereka yang baru, atau yang belum lama berkecimpung di dunia per-website-an khususnya blog. Dan buat yang cukup lama bergabung moga bisa jadi tambahan ilmu kalau ada yang baru
Blog ini saya buat dalam 2 versi, yang pertama menggunakan wordpress.com, yang bisa dilihat di kursus.wordpress.com dan yang kedua menggunakan instalasi sendiri yang didapat dari wordpress.org. Anda bisa melihatnya di cafeblogger.web.id. Insya Allah isi keduanya hampir sama, saya hanya menerapkan proses import export saja untuk kedua blog ini. Saat menulis artikel ini saya masih belum tahu cara mengekspor link, dari artikel-artikel yang saya baca sih formatnya bisa dibaca di web OPML. Sehingga hasil tampilan dari kedua blog bisa sama. Untuk gambar-gambar, demi kepraktisan saya meletakkannya di cafeblogger, sehingga saya hanya perlu membuat sebuah file xml saja untuk 2 buah blog.

Saya juga mengundang para penulis untuk bergabung memperbanyak dan memperluas artikel di blog ini sebagai user author. Dengan begitu blog ini dapat semakin luas, bervariasi dan semakin mempermudah mereka yang sedang belajar blog. Beberapa artikel di blog ini mungkin berasal dari blog-blog lain, insya Allah saya akan memasukkan link trackbacknya juga. Namun, pada blog-blog yang saya sudah lupa alamatnya, mohon klarifikasi ulang sehingga link ke blog anda bisa saya masukkan.

Motivasi pembuatan blog ini sebenarnya sederhana, saya pengen blog-blog yang ada semakin banyak dan beragam dengan artikel-artikel yang bervariasi sesuai dengan keahlian masing-masing pemilik blog. Dan, anda pasti tahukan apa yang akan terjadi jika setiap bidang dalam kehidupan ini terlayani oleh blog, ya tentu aja kita akan semakin pintar. Semakin banyak ilmu bisa kita dapatkan dengan gratis dan mudah.

Blog yang membahas tentang WordPress sebenarnya sudah ada, namun lain ladang kan lain belalangnya, lain blog lain pula penulisnya dan lain penulis tentu aja lain sudut pandangnya. Semakin banyak kita memiliki sudut pandang, insya Allah kita akan semakin paham.

Blog adalah sarana yang tepat untuk menuangkan apa saja yang bergantung di otak kita. Dengan blog kita bisa turut serta memajukan ilmu dan pengetahuan. Blog ini saya buat menjadi dua bukan tanpa tujuan, saya ingin ilmu yang tersimpan disini bisa terus dimanfaatkan. Dengan server sendiri (apalagi gratisan), praktis pengelolaan hanya saya yang menangani, tapi dengan server milik orang lain (wordpress), maka saya terbantu urusan hosting dan domainnya sehingga bisa konsentrasi pada artikel.

Maka, selamat belajar. Silahkan mengunjungi blog yang mana saja. Baik cafeblogger.web.id atau kursus.wordpress.com. Semoga blog ini berguna bagi siapa saja.

