This plugin inserts an image challenge (captcha) at the WP comment form, requiring the user to identify the displayed code. Based on HN Captcha by Horst Nogajski. By Jose Rodriguez (a.k.a. Boriel).

Captcha singkatan dari Capture Character adalah cara yang saat ini dinilai cukup ampuh dalam melawan gerakan spamming. WordPress saat ini sudah memiliki plugin untuk menampilkan captcha ke dalam formulir komentar. Sehingga kita ndak perlu takut lagi menghadapi spammer yang dengan seenaknya meninggalkan jejak (sampah) ke dalam blog kita.

Pertama siapkanlah beberapa file font yang bisa diambil dari folder Windows/font di komputermu. Font ini diperlukan untuk menampilkan tulisan captcha. Selanjutnya kamu bisa menguploadnya ke direktori khusus di root. Misal : nama_domain.com/ttf/

  1. Untuk memasang captcha, pertama-tama downloadlah file pluginnya disini. Kemudian extractlah file tersebut. Kamu akan mendapati sebuah folder baru bernama captcha.
  2. Uploadlah plugin tersebut ke folder wp-content/plugins/
  3. Masuklah ke menu Plugins di dalam Dashboard.
  4. Aktifkan captcha plugins dengan mengklik link Activated.
  5. Selanjutnya ke menu Options – Captcha!
  6. Masukkan folder tempat menyimpan font (dalam format true Path bukan url).
  7. Masukkan juga nama-nama file font dan pisahkan dengan koma (tanpa spasi).
  8. Ganti juga Captcha secret dengan kalimat rahasiamu sendiri. Kalimat ini digunakan untuk mengacak susunan huruf captcha.
  9. Pekerjaan selesai dan klik Update

Sekarang coba Sign Out dari Admin Panel dan lihatlah salah satu artikel di blohmu. Disana akan muncul gambar dengan susunan huruf yang harus diisi oleh komentator. Kamu bisa melihat komentar di bawah ini yang sudah saya pasangi dengan captcha

Iklan