Shout box adalah perangkat pelengkap dalam website maupun blog. Shout box adalah penyederhanaan dari buku tamu. Dahulu apabil seseorang berkunjung ke suatu website, maka dia akan meninggalkan jejak di buku tamu sebagai bukti bahwa dia pernah mendatangi website tersebut. Saat ini buku tamu sudah mulai ditinggalkan, disamping karena kurang praktis, biasanya buku tamu menempatkan link khusus untuk melihat atau mengisi buku tamu. Sementara shout box menampilkan semuanya dalam satu waktu dan tanpa harus berpindah halaman.

Shout box lebih mirip dengan tempat chatting online. Dimana seseorang dapat meninggalkan pesan dalam kotak pesan yang ada yang kemudian dibaca dan dibalas oleh pengunjung yang lain. Namun, tak jarang shout box juga dilengkapi layanan untuk memberikan jawaban bagi pemilik website.

Saat ini cukup banyak shoutbox yang ada dan siap dipakai di Internet, masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Diantara yang udah saya kenali dan coba adalah sebagai berikut :

  1. CBox
  2. TagMe!
  3. Oggix

Untuk memasang shout box di blogmu, kamu cukup mendaftarkan diri sebagai anggota salah satu penyedia shout box tersebut, kemudian kamu akan diberikan kode html yang bisa diletakkan dimanapun di halaman blogmu. Biasanya para blogger menempatkan shout box di sidebar.

Iklan