Kali ini kita akan coba membuat gambar kartun terhadap sebuah foto. Memang agak lama dan butuh ketelatenan, tapi jika terus dicoba insya Allah bisa kok. Ini adalah contoh hasil yang saya kerjakan dalam waktu sekitar 2 jam.

Kartunkan foto

Untuk membuat tiruan foto sebenarnya sederhana, kita hanya perlu mengikuti alur foto yang ada. Tapi terkadang ada beberapa bagian foto yang tersamar oleh background seperti bagian rambut pada foto diatas. Untuk itu kita perlu sedikit melakukan improvisasi, mencoba-coba model terbaik sehingga didapatkan hasil yang lumayan.

Pengerjaan gambar diatas menggunakan CorelDraw X3, tapi dengan CorelDraw versi apapun bisa kok. Karena pengerjaannya cuma menggunakan Line Tool dan Shape Tool aja. Bila kamu punya Inkspace,  maka kamupun juga dapat menggambar seperti diatas. Untuk pemakai inkspace, kamu bisa menggunakan Draw Freehand Line dan Control Handle.

Saya yakin, semua orang mampu menggambar seperti diatas. Yang penting tangan lentur, telaten dan mata yang cermat. Tak ada teknik khusus dalam pembuatannya, jadi silahkan dicoba sendiri yach… 🙂 Ngomong-ngomong hasilnya mirip ndak ya dengan aselinya?

Motivasi :  Biar kamu semangat berlatih, anggap aja kamu sedang bikin avatar yang kamu banget. Avatar pake foto udah bias, jadi kenapa ndak bikin avatar kartunmu sendiri ? Selamat berjuang !!

Iklan