Seringkali kita menjumpai sebuah ilustrasi yang menyatukan dua buah gambar dengan menggunakan efek gradasi dari satu gambar ke gambar lain. Biasanya orang menggabungkan 2 foto menggunakan photoshop. Tapi kali ini kita akan menggunakan CorelDraw, aplikasi yang biasanya digunakan untuk menggambar object vector. Apakah CorelDraw mampu melakukannya? Kita akan buktikan disini !

Pertama kita siapin dua gambar yang akan digabung. Silahkan klik kanan dan save gambar dibawah ini :

Nah, kita akan membuat sebuah ilustrasi sederhana untuk header sebuah blog. Pertama kita masukkan dua gambar diatas ke dalam CorelDraw. Caranya gampang, tekan Ctrl+I atau klik Menu File – Import atau bisa juga dari Windows Explorer drag kedua gambar diatas ke dalam halaman CorelDraw.

Selanjutnya tumpang tindihlah dua gambar diatas. Caranya pilih kedua gambar, kemudian tekan huruf C dan E. Huruf C untuk meratakan dua gambar ke tengah secara horisontal dan huruf E menengahkan secara vertikal. Pastikan gambar remaja berkacamata diatas gambar koran dan uang. Apabila gambar uang yang diatas, klik gambar uang lalu tekan Shift + Page Down sehingga gambar uang akan berpindah ke belakang.

Klik gambar pemuda dan pilihlah transparency tool

Transparent Tool

Dengan menggunakan Transparency Tool klik gambar pemuda kemudian lakukan klik dan drag dari bagian kerah baju hingga perutnya. Sehingga hasilnya akan terlihat seperti ini :

Gampang bukan? Kamu bisa berkreasi sendiri dengan transparency tool ini. Jika diatas kita memakai bentuk linear, dibawah ini saya menggunakan bentuk radial sehingga hasilnya menjadi seperti ini :

Cukup menggambarkan seorang blogger bukan? Komputer, kacamata, berita dan uang..hehehe..

Iklan