Bagi kamu yang nggak punya banyak waktu untuk daftar domain, upload file-file WordPress yang berjibun banyaknya, maka kamu bisa mendapatkan WordPress secara instan! Caranyapun terbilang cukup gampang dan cepat. Nggak sampai 10 menit kamu sudah punya blog sendiri.

Namun, bagi kamu yang suka mengutak-atik script, themes dan suka berinprovisasi dengan tampilan blog atau kamu mengikuti program iklan text seperti Google Adsense, maka wordpress instan ini bukanlah pilihan yang baik.

Nah, sekarang anggap aja kamu cuma pengen nampilin tulisan-tulisan kamu aja, nampilin link-link ke berbagai website favorit atau blog teman-temanmu. Untuk itu, kita akan membuat blog WordPress instan dengan cepat dan mudah.

  1. Kunjungi WordPress.com
  2. Klik tulisan Get a WordPress Blog now
  3. Isilah form pembuatan blognya. Berikut keterangannya :
    • Username adalah nama yang digunakan untuk mengakses blogmu nanti. Nama ini juga akan digunakan sebagai alamat blogmu nanti. Jadi jika kamu memilih nama panjul maka kamu akan mendapat alamat panjul.wordpress.com.
    • Blog Title adalah judul blogmu nanti. Biasanya judul blog ini akan ditempatkan di bagian atas blog.
    • Email Address adalah alamat emailmu. Email ini akan digunakan untukmengirim password sementara blogmu. Nantinya kalo ada yang memberi komentar di blogmu, maka kamu juga akan dikirimi email pemberitahuan.
    • Language adalah bahasa yang dipakai di blogmu.
    • Privacy adalah pilihan apakah kamu akan mengijinkan robot Search Engine untuk mendata isi blogmu atau tidak. Beri tanda centang bila kamu mengijinkan.
  4. Klik Sign Up
  5. Berikutnya kamu akan diberitahu alamat blogmu dan password akan dikirim ke emailmu.
  6. Bukalah emailmu dan kamu akan menemukan password ke dashboardmu disana. Kamu juga harus melakukan aktivasi dengan mengklik link aktivasi yang diberikan.

Sampai sini pekerjaan telah selesai. WordPress.com menyediakan cukup banyak themes yang siap pakai, kamu hanya perlu mengklik themes yang kamu sukai dan sim salabim tampilan blogmu akan langsung berubah. Kamu juga diijinkan merubah CSS dari themes yang kamu pilih. Jadi, kamu wajib ngerti CSS kalo pengen mengutak-atik WordPress.com

Beberapa hal berikut tak bisa kamu lakukan di wordpress.com :

  1. Menambah shoutbox
  2. Menambah javascript
  3. Menambah iframe

Bila kamu ndak membutuhkan 3 hal diatas, maka wordpress.com sudah sangat cukup. Fitur lainnya hampir sama dengan wordpress instalan sendiri. Namun di wordpress.com tata letak komponen sidebar bisa diatur dengan drop down lho. Insya Allah dipertemuan mendatang akan kita bahas soal ini. Otre !!

Iklan