Ini adalah cara cepat lagi untuk nge-blog. Terkadang kita begitu lama menunggu loading halaman dashboard, belum lagi ketika masuk ke menu Write. Untuk mereka yang memiliki koneksi cepat sih ndak masalah, tapi bagi yang koneksinya masih senin kamis apalagi yang takut tagihan membengkak, maka solusi berikut bisa ditiru.

Jawabnya adalah wbloggar tools gratis untuk ngeblog. Dengan wbloggar, kamu udah menggantikan fungsi dashboard untuk mengirim artikel, satu hal yang paling sering kita lakukan sebagai seorang blogger.

Dengan wbloggar, kamu bisa menyiapkan artikel secara offline dulu, kemudian jika telah siap kamu tinggal koneksi ke internet lalu publish. Tak perlu masuk dashboard dulu dan tak perlu meloading halaman write yang full javascript.

Buat kamu yang nge-blog dari warnet, wbloggar sangat ringkas untuk dibawa ke flash disk. Biar kita tak banyak buang waktu di warnet, maka langkah saya berikut bisa kamu ikuti :

  1. Install wbloggar di rumah
  2. Buat artikel dengan memakai wbloggar, lalu simpanlah dalam format *.post
  3. Pergi ke warnet
  4. Install wbloggar di komputer warnet
  5. Buka file *.post yang udah disiapin di rumah dengan menggunakan wbloggar
  6. Begitu file terbuka klik publish.
  7. Lakukan terhadap semua file yang ada

Karena kita harus menginstall di warnet, maka pastikan anda bisa melakukan instalasi di warnet karena beberapa warnet tak mengijinkan hal ini. Sebaiknya artikel yang kamu bawa bukan satu atau dua, tapi lebih dari itu. Karena jika hanya satu atau dua artikel, kemungkinan masih lebih cepat jika memakai dashboard langsung (tak perlu menginstall lagi). Namun, jika kamu punya lobby yang baik dengan pengelola warnet, kamu bisa membujuk mereka menginstall wbloggar di komputer mereka. Dan, nge-blogpun akan semakin nyaman.

wbloggar juga sangat efektif untuk mengedit artikel di blog kita. Kita bisa memilih berapa post terakhir yang akan ditampilkan, dan selanjutnya tinggal memilih artikel yang akan diedit. Begitu selesai edit, tinggal publish dan beres.

TIPS :

Sedikit tips tentang wbloggar. Kelemahan wbloggar adalah dia tak menggunakan WYSIWYG editor. Sehingga kita masih disuguhi tag-tag HTML. Saya biasanya menggunakan WordPress yang sudah saya install di komputer saya secara offline (menggunakan Appserv). Saya mengetik artikel menggunakan editor WordPress, selesai mengetik klik tab Code, copy codenya lalu paste ke wbloggar. Jadi tak perlu pusing mikir code kan? hehehe… 😀

Iklan