Beberapa waktu yang lalu WordPress melakukan sedikit perubahan terkait dengan ditemukannya bug pada system keamanan mereka. Beberapa file terpaksa diotak-atik lagi dan wordpress meluncurkan versi terbaru mereka WordPress 2.1.1. Sangat disarankan memang untuk selalu melakukan upgrading ke versi terbaru WordPress. Namun, bagi mereka yang masih awam dalam masalah ini, mungkin tips berikut ini bisa membantu :

  1. Backup semua data.
    Bila menggunakan WP 2.1 keatas tinggal klik menu Manage – Export lalu klik tombol Download Export File. Namun cara ini hanya menyimpan artikel, category, comment dan page saja. Sementara link dan setting yang ada tidak. Bila ingin membackup semua data maka harus dilakukan di phpmyadmin.
  2. Download file-file modifikasi
    Bila kamu telah melakukan perubahan pada beberapa file (biasanya theme) maka downloadlah file-file tersebut. Gunakan software FTP untuk melakukannya.
  3. Cari info file yang berubah
    Biasanya dalam upgrading hanya beberapa file saja yang dirubah. Maka cari informasi file apa saja yang berubah. Insya Allah di blog ini akan saya tampilkan juga file-file yang berubah dalam upgrading WordPress.
  4. Download upgrade terbaru
    Downloadlah WP edisi terbaru dari web WordPress
  5. Siapkan filenya
    Karena kita tak mau terlalu lama upload (khususnya bagi yang koneksi internetnya lambat), sebaiknya kita pilih-pilih dulu file-file yang berubah dalam upgrading terakhir dan hapus file-file lain yang tak perlu. Saya telah memilihkannya untuk anda upgrading WP dari 2.1 ke 2.1.1. Silahkan di download disini. Namun bila veri WP kamu di bawah 2.1, sebaiknya seluruh file diupload atau lihat daftar file upgradenya di website WordPress.
  6. Non Aktifkan seluruh Plugin
    Terkadang tak terlalu dibutuhkan sih. Tapi sebaiknya dinonaktifkan dulu, baru setelah itu diaktifkan lagi
  7. Mulai Upload
    Uploadlah file-file pilihan tersebut ke hostingmu.
  8. Upgrade!!
    Berikutnya tinggal menjalankan script upgrade. Buka http://domain_kamu/wp-admin/upgrade.php atau masuk ke Dashboard, nantinya akan ada perintah untuk upgrade database, ikuti aja petunjuknya dan semua selesai
  9. Aktifkan lagi Plugins
    Aktifkan lagi semua plugin yang ada, bila pluginmu tak kompatibel lagi dengan versi terbaru, cobalah untuk menemukan website pembangunnya dan dapatkan versi terbaru yang kompatibel.

Pekerjaan kita sudah selesai, dan kita bisa menikmati perubahan yang dijanjikan oleh WordPress (biasanya cuma masalah keamanan dan kenyamanan aja).

Iklan