Kali ini kita akan coba mempelajari cara mengelola link di wordpress. Tak seperti blog yang lain, mengelola link di WordPress sangatlah mudah. Kamu bahkan tak perlu mengutak-atik themes sama sekali. Semua bisa dilakukan di Dashboard. Sekedar pengetahuan, link adalah tulisan atau gambar yang menghubungkan kita dengan halaman lain baik itu website, gambar, email atau aplikasi chat seperti YM dan Google Talk.

Add Link

Pertama, siapkan dulu kategori link tempat menampung daftar link kamu. Di wordpress 2.1 kategori link dan artikel dijadikan dalam satu pengelolaan. Hanya saja, bila suatu kategori udah dipakai untuk artikel, maka dia tak dapat dipakai untuk link, demikian sebaliknya. Silahkan membaca artikel sebelumnya tentang Manajemen Category untuk lebih memahami cara membuat dan mengelola kategori.

Bila kategori link sudah tersedia, kamu sudah bisa mulai membuat daftar link. Misalnya kamu ingin memasukkan blog ini di daftar linkmu, maka mulailah dengan login ke Dashboard.

  1. Klik menu Blogroll – Add Link
    Link
  2. Isikan text yang akan ditampilkan sebagai link di Name dan alamat websitenya di Address.
  3. Kamu juga bisa menambahkan diskripsi linknya, tapi biasanya tak muncul di themes (kecuali kamu ingin memunculkannya).
  4. Tentukan category linknya. Secara default category link adalah Blogroll, silahkan tentukan sendiri category linkmu.
  5. Tentukan target link, apakah jendela baru (_blank), atau tetap di jendela asal (none).
  6. Setelah selesai klik Add Link.

Edit and Delete Link

Untuk mengedit link atau menghapusnya, kamu bisa langsung menuju halaman Blogroll – Manage Link. Klik edit untuk mengedit link, dan delete untuk menghapusnya. Gampang dan mudah bukan?

Iklan