Artikel yang biasa kita tulis, akan ditampilkan secara bergantian di halaman depan. Bila ada artikel baru yang kita publikasikan, maka artikel yang lama akan turun. Demikian seterusnya hingga artikel tersebut hilang dari halaman utama dan masuk ke halaman arsip (biasanya berdasarkan kategori dan bulan publikasinya).

Trus, gimana kalo kita ingin membuat artikel yang sifatnya menetap, linknya terus ada di halaman utama dan pengunjung bisa langsung mengaksesnya tanpa harus masuk ke halaman arsip atau mencarinya menggunakan fasilitas pencarian artikel? Jawabnya adalah dengan membuatkannya halaman statis. Dan WordPress mempunyai fungsi untuk itu. Namanya Pages. Dengannya kita bisa membuat halaman khusus berisi informasi yang ingin kita munculkan selalu di halaman utama atau di tiap halaman blog kita. Halaman statis ini biasanya berisi profil pemilik blog, tujuan pembuatan blog atau hal-hal lain yang ingin ditampilkan.

Untuk membuat halaman statis (pages) caranya sangatlah mudah. Pada prinsipnya pages adalah artikel juga, hanya saja penempatannya yang sedikit special. Pages juga bisa dibuat secara bercabang, misalnya dalam pages About kita juga memasukkan Photo Gallery, Family dan juga Tawaran Bisnis. Sekarang mari kita pelajari betapa mudahnya membuat halaman statis dengan menggunakan WordPress.

  1. Login ke Dashboard seperti biasa
  2. Klik menu Write – Write Page
    PAGE
  3. Sekarang kamu bisa mengetikkan artikel yang akan dijadikan halaman statis. Tampilan editor pages sama dengan editor artikel bukan?
  4. Bila kamu pengen membuat halaman ini berada di bawah halaman tertentu, misal kamu pengen membuat halaman tentang keluargamu di bawah halaman About Us, maka bukalah kolom Page Parent dengan mengklik tanda + di headernya. Kamu akan menemukan menu drop down berisi halaman-halaman statis yang pernah kamu buat.
    PAGE2
  5. Pilihlah di halaman mana artikel ini diletakkan.
  6. Bila selesai, klik tombol Publish untuk mempublikasikannya.

Pembuatan halaman statis ini harus menggunakan editor WordPress, sehingga kamu ndak bisa membuatnya dengan menggunakan BlogJet. Bila kamu tetap ingin membuat halaman statis menggunakan BlogJet, maka ketiklah dulu artikelmu, kemudian setelah selesai buka codenya (klik menu View – Code). Sekarang tinggal copy paste aja ke editor WordPressmu. 🙂

Iklan