Blogger Mania, ciri khas sebuah blog adalah komentar. Dimana pengunjung bisa memberikan komentar apapun terhadap artikel yang kita tulis. Tak jarang, banyak sedikitnya komentar menentukan kualitas artikel yang ditulis. Tapi artikel yang bagus sekalipun terkadang juga tak banyak yang mengomentari. Jadi, hingga saat ini belum ada standart resmi untuk mengukur kualitas suatu artikel.

Back to Comment.. Karena setiap orang dapat dengan mudah memasukkan komentar terhadap tulisan kita, maka kita harus bisa memanajemeninya dengan baik. Karena tak semua orang memberi komentar sesuai artikel yang kita tulis. Seringkali ada yang malah berpromosi di komen box kita. Tugas kitalah untuk membersihkan, mengatur dan mengelola komentar-komentar yang masuk ini.

Memanajemen komentar sebenarnya sangat gampang lho blogger mania. Kamu cuma perlu login ke Dashboard, kemudian klik menu Comments.

Dalam setiap komentar, tersedia beberapa link dibawahnya. Berikut keterangannya :

  1. Edit – Bila kamu ingin mengedit komentar seseorang, atau ingin memberikan jawaban langsung di bawah komentarnya maka kliklah link ini.
  2. Delete – Bila komentar dianggap mengganggu artikelmu, misal terlalu Out of Topic, terlalu berpromosi, dll. Maka kamu bisa mengklik link ini untuk menghapusnya.
  3. Unaprove – Ini berguna jika kamu tak jadi menyetujui komentar ini.
  4. Spam – Kamu bisa mengidentifikasi komentar tersebut sebagai spam, kelak jika dia berkomentar lagi, maka akan langsung masuk Awaiting Moderation List.
  5. View Post; – Jika kamu lupa dia mengomentari artikel apa, kamu bisa melihat artikel yang dia komentari dengan mengklik link ini.

Sudah selesai? Ooh, masih belum Blogger Mania. Sekarang saya akan kasih tau sub menu lain terkait dengan komentar ini, yaitu Awaiting Moderation List alias Daftar Tunggu Moderator. Disini akan berkumpul komentar-komentar yang menunggu untuk disetujui. Secara default semua komentar akan masuk dalam daftar tunggu ini. Nah, biar kamu nggak repot-repot menyetujui komentar-komentar yang masuk daftar tunggu, sebaiknya fungsi daftar tunggu ini dimatikan kecuali untuk komentar-komentar tertentu.

Sekarang akan saya tunjukkan caranya kepada Blogger Mania semuanya.

  1. Klik Menu Options – Discussion
  2. Pada pilihan Before a comment appears: hilangkan tanda centang pada pilihan An administrator must always approve the comment dan juga pada pilihan Comment author must have a previously approved comment.
  3. Kamu bisa mengatur aturan pemakaian kata pada komentar, misal dilarang memakai kata-kata sex, fuck, suchs, dll. Masukkan kata-kata terlarang tersebut ke kotak Comment Moderation. Sehingga pengunjung yang memasukkan kata-kata terlarang itu akan ditahan di daftar tunggu.

Setelah selesai, kamu sudah bisa ongkang-ongkang kaki sekarang. hehehehe…. Tapi maaf kalo bikin kamu kecewa, cara diatas sebenarnya masih kurang efektif, tapi bila pemberi komentar di blogmu hanya beberapa saja, cara diatas sudah cukup. Insya Allah di category Plugins akan saya jelaskan tentang plugins untuk melawan spam yang nakal. 😀

Iklan