Suatu ketika, mungkin kita tak ingin menggunakan font standart yang disediakan WordPress atau themes yang kita pakai. Terkadang kita pengen sesuatu yang beda, yang norak dan keren abis! Apa bisa WordPress melakukannya? Jawabnya adalah bisa dan itu sangatlah mudah banget.

Merubah Font WordPress

Saat kita perhatikan, ternyata di form posting artikel tak kita dapati isian atau pilihan untuk mengubah jenis maupun ukuran huruf, maka kita perlu memasukkannya secara manual. Silahkan klik Tab Code yang ada di Menu Write – Post

Disana sisipkan kode HTML berikut untuk merubah font :

<font style=”jenis_font” size=”ukuran” color=”warna”>Tulisan Anda</font>

Jika kita hendak membuat tulisan dengan font verdana, ukuran +1 dan warna merah, masukkan kode berikut ini :

<font style=”verdana” size=”+1” color=”red”>Bukan Yang Biasa</font>

Maka jadinya akan seperti ini

Bukan Yang Biasa

Aneka variasi font lain bisa juga digunakan. Bila dalam form WordPress hanya disediakan beberapa format yaitu Bold, Italic dan Underline, kamu bisa membuat beberapa format lagi diantaranya :

  1. StrikeThrough menggunakan code <s>...</s>
  2. Code menggunakan code <code>...</code>
  3. Variable menggunakan code <var>...</var>
  4. Sample menggunakan code <samp>...</samp>
  5. Keyboard menggunakan code <kbd>...</kbd>
  6. Citation menggunakan code <cite>...</cite>
  7. Deleted menggunakan code <del>...</del>
  8. Inserted menggunakan code <ins>...</ins>

 Dengan menggunakan kode-kode diatas, kamu bisa lebih variatif lagi dalam menulis blog.

Menggunakan bantuan Word

Masih susah dengan kode-kode diatas, bagaimana kalo saya ajarin memasukkan artikel di Word, lengkap dengan variasi fontnya ke dalam WordPress. 😀

Buat kamu yang males banget ngeliat kode, ada baiknya kamu memakai Microsoft Word terlebih dahulu untuk melakukan pengeditan. Namun, jika kamu hanya menggunakan format-format standart WordPress saja, maka menggunakan text editor WordPress saya rasa sudah sangat cukup.

Nah, pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetikkan artikel, lengkap dengan segala format font dan atributnya di Word. Setelah merasa cukup mantap, kamu bisa langsung memblok semua tulisan, kemudian mempastekannya ke Text Editor WordPress.

Dan inilah contoh hasilnya :

Tulis dari Word dimasukkan ke WordPress

Kelemahan dari cara ini adalah, kode yang dimasukkan lebih banyak dari biasanya. Karena Word tak menggunakan kode-kode standart HTML, dia banyak memakai kode span dan style sehingga bisa divariasi sebanyak mungkin. Nah, silahkan pilih pake Text Editor WordPress atau Word.

Tags: ,
Iklan