Maaf, saya tunda dulu pelajaran tentang membuat Themes WordPress. Karena sepertinya apa yang saya takutkan sejak dulu sudah diambang pintu.

Saat ini pembajakan (copy paste) artikel dari blog-blog lain sudah semakin marak. Bahkan artikel hasil bajakanpun dijadikan modal untuk memenangkan lomba. Darimana datangnya kegiatan copy paste ini? Dan kenapa seorang peserta lomba blog sekalipun bisa dengan nekat melakukan copy paste untuk mengisi blognya. Mungkin jawaban saya akan lain dari jawaban kebanyakan Blogger Senior maupun Selebrity Blogger.

Terus terang saja, saya SANGAT MENYALAHKAN para blogger senior atas terjadinya musibah ini. Mereka yang blognya ramai dengan pengunjung, ramai dengan komentar seakan berada diatas angin dan cuek bebek nggak mau peduli dengan para blogger muda apalagi pemula.

Saya berpikir, mereka ini kan butuh dukungan. Butuh support penuh dari senior-seniornya. Mereka ini sedang belajar menjadi penulis blog. Mungkin bagi blogger senior bahasa mereka terlalu jelek biasa. Tapi itulah karya orisinil, 100% ASLI. Dan jika anda mengumandangkan proklamasi untuk tidak copy paste, seharusnya anda juga memberi penghargaan bagi karya-karya orisinil yang masih biasa tadi.

Saya yakin, betapa bangganya seorang blogger pemula yang baru bisa membuat tiga artikel tentang pengalamannya bila dikunjungi oleh seorang selebrity blogger. Kunjungan blogger senior yang hanya sekali dan mengatakan “Artikel yang bagus, teruskan yah!” Jauh lebih bermanfaat dari jutaan kata-kata muluk yang anda ucapkan di blog.

Lima kata pendek itu bagi seorang blogger muda lebih berharga daripada isi blog anda sekalipun. Bila anda males sok sibuk dan nggak mau berkunjung ke blog kecil yang sudah mengomentari tulisan anda. Maka seperti yang sudah pernah saya bilang. Para blogger muda akan kehilangan semangat. Dan agar blognya selalu terupdate mending copy paste aja dari artikel-artikel blogger idola mereka. Toh, blogger idola mereka ndak sempat berkunjung.

Saya tidak belum mau menyebut siapa saja BLOGGER CUEK (kalau disebut selebrity blog ntar malah besar kepala) yang cuma mau enaknya itu. Tapi anda tentu tahu siapa saja mereka. Caranya gampang, coba komentari artikel mereka, apakah mereka akan berkunjung balik dan mengomentari tulisan anda atau sekedar memberi support?? Bila tidak, coba sekali atau dua kali lagi. Bila anda masih sabar, komentari satu atau dua artikelnya lagi. Tapi bila masih bandel juga, copy paste besar-besaran aja artikelnya !! Biar dianggap banyak duplikat oleh Search Engine. Ntar pasti dia berkunjung juga… hehehe… šŸ˜€

Saya termasuk yang sakit hati dengan BLOGGER CUEK. Berkali-kali comment ndak digubris. Saya heran sebenarnya, seberapa sibuknya sih mereka itu. Mungkin para BLOGGER CUEK harus dilatih manajemen waktu agar bisa membagi waktu kapan menulis artikel, kapan cari bahan untuk artikel dan kapan berkunjung balik. Terkadang saya mengunjungi blog para BLOGGER CUEK itu. Tapi bukan untuk berkomentar, hanya melihat-lihat siapa saja yang berkomentar dan mengunjungi blog mereka. Ya, minimal mereka mendapatkan kunjungan balik walau bukan dari blogger idola mereka yang cuek aja.

Menurut saya, seorang yang sudah dianggap senior itu wajib hukumnya melakukan kunjungan balik walau sekedar mengucap salam atau memberi support atas tulisan. Terlebih lagi mengunjungi seorang blogger pemula. Saya yakin para BLOGGER CUEK tahu kualitas tulisan pemula dan senior itu seperti apa. Seberapa lama sih menuliskan 4-5 kata?? Kalau takut jatah bandwidth habis, warnet masih banyak bertebaran kok.
Mari berkunjungMari hilangkan EGO sebagai PENULIS HANDAL, Mari dukung Blogger Muda !!. Beri mereka support walau hanya sekedar salam. Jika para blogger muda merasa terdukung, dia pasti akan berusaha menulis dengan lebih baik dan lebih baik lagi. Semakin banyak menulis tentu akan semakin mahir. Dan kalau sudah mahir, untuk apa lagi copy paste??

Oh iya, ini tambahan. Kalau para BLOGGER CUEK itu ndak mau berubah juga. Silahkan laporkan ke saya, insya Allah saya akan mendaftar dan membuat DAFTAR BLOGGER CUEK dan mari di BOIKOT sama-sama !! Beberapa orang sudah masuk daftar hitam saya sih. Tapi saya ingin dapat dari sudut pandang orang lain dulu. Ingat cara mengujinya kan? Komentari minimal tiga artikel terbaru mereka. Kalau tak berkunjung balik. Laporkan saya dan kita buat DAFTAR BLOGGER CUEK INDONESIA.

Setelah ada daftar tersebut, akan saja ajarkan bagaimana cara memberi pelajaran berharga pada mereka sehingga ndak cuek lagi. So, mulai sekarang buka mata dan telinga. Catat blogger-blogger cuek Indonesia !! Buat para Selebrity Blogger BERUBAHLAH !!

