Anda seorang yang mengaku newbie?? Mungkin saran saya berikut ini perlu segera anda tindak lanjuti. Cukup banyak newbie yang memulai belajar dengan nol. Mereka belajar ilmu-ilmu yang terlalu rumit. Mengacuhkan saran-saran yang terkesan remeh. Dan menganggap pemberi saran hanya mengejeknya dan sengaja ngasih saran ecek-ecek karena gratisan.

Sebagai seorang yang “dianggap master”, saya sering ditanya oleh mereka yang “ngaku newbie”. Langkah awal apa yang harus saya lakukan?? Dengan serius saya katakan, kalau mau mencoba bisnis online. Syarat paling dasar adalah punya website. Buatlah website atau blog dan mulailah mengisi.

Seringkali para pemula sibuk mencari peluang-peluang bisnis online. Tapi lupa dengan modal dasarnya. Seorang netpreneur sangat wajib memiliki sebuah website. Sebut saya Yaro Starak, Ewen Chia, Anne Ahira, Cosa Aranda, semua punya website.

Jadi, sebelum anda mulai mencari peluang bisnis online, buatlah blog sekarang juga. Bangun komunitas dulu. Nggak bisa bahasa Inggris, Indonesiapun jadi. Sambil mengupdate blog, coba cari-cari peluang bisnis untuk dijadikan bahan tulisan blog. Gampang kan??

